Diskusi Buku Ini Itu


(Diskusi Buku Ini dan Itu Indonesia di Mata Seorang Jerman Berthold Damhauser). Bicara Indonesia berarti membedah banyak sisi Indonesia, diantaranya budaya, bahasa dan sastra. Keberagaman karya sastra Indonesia selalu menarik minat banyak pemerhati asing.

Satu diantaranya, Berthold Damhauser, pemerhati sastra, bahasa dan budaya Indonesia asal Jerman.

Pada, 19 Mei 2016, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB), Universitas Pakuan menggelar acara Diskusi dan peluncuran buku Ini dan Itu Indonesia". Acara yang menghadirkan penulis buku Berthold Damhauser, Niduparas Erlang , Dadan suwarna dan Langgeng Prima Anggradinata. Acara diskusi yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Dr. Agnes Setyowati H., M.Hum ini merupakan agenda kegiatan Fakultas yang rutin dilaksanakan dengan tema yang berbeda. Untuk tema kali ini berfokus pada bagaimana kita ini melihat orang asing itu memandang tentang Indonesia, demikian penjelasan Agatha Trisari.M.Hum, selaku Ketua Pelaksana.

Acara yang terbuka untuk umum ini sukses menghadirkan peserta dari FISIB dan sekitarnya. Saat ditanya tentang buku yang ditulisnya, Berthold Damhauser memaparkan,"Saya mencintai budaya Indonesia. Saat saya mahasiswa dan saya kuliah bahasa dan sastra, ketertarikan saya pada budaya Indonesia kian kuat, dan akhirnya membawa saya hadir di sini hari ini”. Diki Aprian, mahasiswa semester IV konsentrasi Jurnalistik berharap akan ada acara sejenis yang mengupas karya-karya lain. "Acaranya menarik dan sangat penting untuk diikuti oleh para remaja. Di acara ini kita bisa tahu bagaimana menggunakan teknik penulisan bahasa yg benar bahkan dalam hal menterjemahkan”.

Acara diakhiri dengan penyerahan plakat oleh Dekan Fisib. Di pungkasan acara, Dr. Agnes Setyowati H., M.Hum berharap, “Acara seperti ini lebih bisa sering dilaksanakan dengan menghadirkan penulis - penulis yang dapat memberikan wawasan yang bagus untuk para mahasiswa" Ujar dekan FISIB Dr. Agnes Setyowati H,M.Hum . (RSA/Wid/Ram/Put)